Gagal Bayar Utang Tidak Bisa Dipidanakan

Utang adalah suatu hal yang dihindari, namun banyak dilakukan. Banyak yang belum mengerti atau terpapan informasi dari sinetroan TV, Bahwa gagal membayar utang bisa dipedana (Dipenjara). Ini adalah suatu pemahaman yang salah. Karena ranah utang adalah hukum Perdata bukan Pidana, ini berlaku untuk pinjaman konvensional maupun Fintech.

Pengaturan gagal bayar utang tidak bisa dipidanakan terdapat dalam UU HAM Pasal 19: (2) Tidak seorangpun atas putusan pengadilan boleh dipidana penjara atau kurungan berdasarkan atas alasan ketidakmampuan untuk memenuhi suatu kewajiban dalam perjanjian utang piutang.

Maka bila aparat penegak hukum tetap memberikan sanksi pidana kepada debitur maka tindakan tersebut merupakan pelanggaran terhadap UU . Oknum yang terlibat dapat dituntut Pidana.

Karena Utang Piutang adalah ranah perdana maka penyelesaian juga melalui jalur Perdata. Jika pengadilan memutuskan bahwa si Penghutang harus membayar maka semua harta yang ada dilelang untuk memenuhi pembayaran dari hutang. Bila tidak cukup tentu itu menjadi tanggungan pemberi utang. Maka sebelum memberikan pinjaman Bank atau instasi keuangan biasanya melakukan survei.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *