Wujudkan Mimpi Selenggarakan MotoGP Indonesia Harus Kerja Keras

Akhirnya kepastian MotoGP Indonesia digelar mulai 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Berdurasi durasi lima musim, Indonesia harus membayar fee kepada promotor Dorna sebesar 9 juta Euro (sekitar Rp 142,7 miliar) tiap tahun.

Untuk diketahui, MotoGP dikelola oleh Dorna Sports sejak 1992, sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut. Saat ini, rata-rata Dorna menerima 6-10 juta dolar AS satu penyelenggaraan balapan grand prix.

Untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, yang sudah kontrak selama lima tahun, fee yang harus dibayarkan sebesar 9 juta Euro. Bukan angka yang kecil karena dalam 5 tahun berarti Indonesia membayar 1/2 Triliun lebih.

Menurut CEO ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) Abdulbar M. Mansoer biaya penyelenggaraan tersebut sudah termasuk licence, copyright. Dijelaskan Abdulbar, untuk pembayaran uang sebesar itu pihaknya berencana mencarinya melalui iklan.

Untuk masalah lain Abdulbar menambahkan pihaknya bersama Dorna tidak ada pembagian keuntungan tapi lebih kepada penempatan atas hak dan kewajiban. Namun untuk mewujudkan semua itu Indonesia perlu kerja keras karena sirkuit yang akan digunakan belum dibangun. Maka supaya tidak terkena denda dan gagal menyelenggarakan maka kerjasama seluruh pihak perlu dilakukan dengan tepat dan baik.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *