Pasal Hak Kekayaan Intelektual Pada Program Komputer

Seperti yang diketahui bersama banyak masyarakat yang memperjual belikan program komputer secara ilegal. Padahal didalam pemrograman komputer terdapat pasal Hak Cipta yang terkait langsung dengan perlindungan terhadap hak program komputer. Dimana meng-copy program komersial tanpa ijin adalah pelanggaran.

Terdapat 6 pasal dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang secara tegas menggunakan frasa program komputer, tetapi pada dasarnya, pasal-pasal dari suatu aturan atau undang-undang saling berkaitan, sehingga tidak hanya 6 pasal tersebut saja yang berkaitan dengan program komputer. 

Penggandaan diperbolehkan untuk dilakukan sebanyak 1 salinan tanpa perlu meminta izin kepada pencipta atau pemegang hak cipta, jika salinan tersebut digunakan untuk arsip atau cadangan atas program komputer yang diperoleh secara sah untuk mencegah kehilangan, kerusakan, atau tidak dapat dioperasikan. Namun lain halnya jika copy-an tersebut dimaksudkan untuk dijual ulang. Maka hal tersebut dinilai pelanggaran.

Hal ini nampaknya tidak menjadi landasan masyarakat kita. Banyak perusahaan, yang masih saja menggunakan Program atau software komputer bajakan. Penegak hukum juga dinilai masih pasif dalam memerangi para pembajak. Sehingga program Bajakan kian menjamur.

Ini tentu merugikan jika diteruskan, serta nantinya akan menghambat industri kreatif di Indonesia. Pemerintah perlu membuat kebijakan yang komperhensif dan dapat dipahami oleh masyarakat kita serta menegakkanya. Jika tidak mungkin kita akan dicap buruk oleh dunia Internasional.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *