Pendaftaran serta Pembatalan Pendaftaran Merek

Hak atas Merek diperoleh setelah Merek tersebut terdaftar, yakni setelah permohonan melalui proses pemeriksaan formalitas, proses pengumuman, dan proses pemeriksaan substantif serta mendapatkan persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (“Menteri”) untuk diterbitkan sertifikat. 

Langkah Mendaftarkan Merek adalah sebagai berikut:Agar suatu Merek terdaftar, orang yang merasa berhak (pemohon atau kuasanya) mengajukan permohonan atau dalam hal ini adalah permintaan pendaftaran Merek yang diajukan kepada Menteri.

Pemohon harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, antara lain permohonan diajukan secara elektronik atau non-elektronik dalam bahasa Indonesia, dan ditandatangani pemohon atau kuasanya. Dalam permohonan harus mencantumkan:

  1. tanggal, bulan, dan tahun permohonan;
  2. nama lengkap, kewarganegaraan, dan alamat pemohon;
  3. nama lengkap dan alamat Kuasa jika permohonan diajukan melalui kuasa;
  4. warna jika merek yang dimohonkan pendaftarannya menggunakan unsur warna;
  5. nama negara dan tanggal permintaan merek yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan hak prioritas; dan
  6. kelas barang dan/atau kelas jasa serta uraian jenis barang dan/atau jenis jasa.

Permohonan dilampiri dengan label Merek dan bukti pembayaran biaya serta surat pernyataan kepemilikan Merek yang dimohonkan pendaftarannya.

Kalaupun Merek yang Anda mohonkan telah terdaftar, bukan berarti Anda lolos dari kemungkinan gugatan pembatalan. Pasal 76 ayat (1)Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (“UU MIG”) menyebutkan gugatan pembatalan merek dapat diajukan oleh pihak yang berkepentingan (pemilik Merek terdaftar, jaksa, yayasan/lembaga di bidang konsumen, dan majelis/lembaga keagamaan) berdasarkan alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 dan/atau 21 UU MIG.

Untuk gugatan langkah yang dapat Anda lakukan adalah mengajukan gugatan pembatalan pencatatan Ciptaan dalam daftar umum Ciptaan melalui Pengadilan Niaga yang ditujukan kepada Pencipta dan/atau Pemegang Hak Cipta terdaftar. Akan tetapi sebaiknya Anda terlebih dahulu memberikan surat peringatan.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *