Penolakan Perpanjangan Izin Ormas FPI Tanpa Alasan Cacat Hukum

Seperti yang sudah diberitakan beberapa media masa, Izin organisasi kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Islam (FPI) akan habis pada Juni 2019. Bagaimana cara bila FPI hendak memperpanjang izinnya?

Diketahui izin ormas FPI terdaftar dengan nomor Surat Keterangan Terdaftar (SKT) 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014. Masa berlaku SKT FPI terhitung sejak 20 Juni 2014 hingga 20 Juni 2019.

Sementara itu Juru bicara FPI, Slamet Ma’arif, mengatakan izin ini akan segera diperpanjang. Aturan soal perpanjangan SKT termuat di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 57 Tahun 2017. Berikut ini bunyinya.

Pasal 23

(1) Pengurus Ormas dapat mengajukan permohonan perpanjangan SKT Ormas untuk SKT Ormas yang telah berakhir masa berlakunya.
(2) Tata cara pendaftaran Ormas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 sampai dengan Pasal 21 berlaku secara mutatis mutandis terhadap tata cara perpanjangan SKT sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Dalam UU Ormas telah diatur apa saja yang menjadi dasar perizinan. Seperti pada pasal 61 UU Ormas tercancum pula tentang sanksi dan pembubaran ormas. Sehingga jika pemerintah tanpa alasan yang jelas dan sesuai UU menolak perpanjangan/perizinan ormas contohnya “Ormas bertentangan dengan Pancasila sehingga dapat ditolak”, maka telah melakukan perbuatan cacat hukum.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *