WhatsApp Hairul Anas Pencipta Robot Pemantau Situng KPU Diretas

Kabar terbaru datang dari pencipta robot pemantau Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU, Hairul Anas Suaidi mengaku akun WhatsApp miliknya telah diretas. Pengakuan tersebut disampaikan lewat akun Facebook pribadinya Hairul Anas Suaidi.

Lewat akun Facebooknya, Hairul Anas mengungkapkan kalau akun WhatsApp pribadinya telah diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Pria lulusan sarjana teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) itu pun meminta untuk mengeluarkan nomor WhatsApp pribadinya itu dari seluruh grup.

“WhatsApp saya 0818432110 dihack. Tolong keluarkan nomor saya dari semua group,” tulis Hairul Anas lewat akun Facebooknya.

Lebih lanjut, Hairul Anas mengatakan awalnya tak pernah yakin ada pihak yang mampu meretas akun sosial media berkelas seperti WhatsApp. Namun, keraguan itu justru kekinian dialaminya sendiri.

“Dulu-dulu saya kurang yakin ada yang bisa sadap dan bobol nomor/akun di aplikasi-aplikasi berkelas. Sekarang saya ngalamin sendiri.” ungkapnya.

Sebelumnya, Hairul Anas pencipta robot pemantau Situng KPU mencuri perhatian pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Dalam acara bertajuk ‘Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019’ yang di gelar BPN di Hotel Grand Sahid Jaya pada Selasa (14/5) kemarin.

Jika hal ini benar tentu ini PR besar bagi WhatsApp untuk segera menindak lanjuti. Karena belakangan banyak pengguna yang mengaku akun direntas di Indonesia selama pemilu. Mengingat WhatsApp bukanlah open source, maka secara kode etik dan hukum pihak WhatsApp yang boleh mengoprek dan meneliti hal tersebut sebagai tanggung jawab.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *