Prabowo Hampir Dipastikan Kalah Bahkan Sebelum Sidang MK Dilakukan

Putusan MK tentang sengketa Pilpres 2019 sebentar lagi akan diumumkan. Meski begitu hasil sidang MK ini sudah bisa ditebak bahkan sebelum sidang dilakukan. Hampir dipastikan kubu penggugat yakni Prabowo-Sandi akan mengalami kekalahan.

Hal ini bukan karena sidang MK dipenuhi kecurangan atau pengacara penggugat kurang baik, namun hal ini lebih didasari sejarah dan peraturan perundangan yang berlaku. Karena dalam sejarah MK serta perundangan tentang sengketa Pilpres, bukanlah pengujian apakah ada kecurangan didalam Pilpres. Artinya meski pembuktian hukum biasanya bersifat kualitatif namun dalam sidang MK kuantatif sebagai penentu.

Dalam putusan sengketa pilpres MK akan lebih bertumpu pada apakah kecurangan mempengaruhi jumlah hasil akhir, itu sulit untuk dilakukan karena besarnya jumlah penduduk dan wilayah dari RI. Dengan begitu meski terbukti curang pun tergugat tidak akan kalah jika dinilai hakim tidak signifikan pada perolehan suara. Peraturan perundanganlah yang harus diperbaiki jika kedepan MK tidak ingin dicap sebagai Mahkamah Kalkulator.

Dengan begitu proses akhir pemilu telah selesai begitu pengumuman dari MK ada. PR kedepan adalah pada perbaikan peraturan perundangan sehingga menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat dan kontestan. Akhir kata Selamat Jokowi-Ma’ruf atas kemenangan jadilah pemimpin untuk seluruh warga negara Indonenesia jangan sebagian saja.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *