Kasus Youtuber Rius dan Garuda

Selamat siang Saya Eka umur 25 tahun, saya ingin bertanya Apakah pengambilan Foto dan Review dalam pesawat adalah perbuatan yang melanggar hukum ? Seperti pada kasus Rius Vernandes yang dilaporkan oleh pihak Garuda Indonesia? Pelaporan ini terkait Review dan pengambilan photo dalam pesawat penerbangan Australia ke Indonesia.

Jawaban : Terimakasih telah Bertanya, sebelumnya kami juga baru tau dan cukup kaget dengan masalah tersebut. Sejauh yang kami ketahui saat ini, adalah pihak Garuda Indonesia melaporkan saudara Rius dengan UU ITE, Pencemaran nama baik dan UU Penerbangan.

Hal ini terkait Review dan pengambilan photo menu makanan dalam pesawat penerbangan Australia ke Indonesia. Menurut konfirmasi saudara Rius ia dilaporkan karena Gambar dan Emoji hal ini diklarifikasi dalam akun Youtube.

Menurut hemat kami pelaporan oleh pihak Garuda tersebut masih mentah dan lemah. Karena sejauh bukti yang tersedia saudara Rius dalam hal ini hanya melakukan Review Penerbangan dan tidak ada kata yang menyudutkan pihak Garuda.

Serta dalam UU penerbangan juga tidak ada larangan mengambil foto dalam kabin disekitar penumpang, dan untuk UU pencemaran nama baik pun hal tersebut tidak masuk. Dikarenakan tidak adanya penambahan hal (kata-kata/lainnya) yang bersifat menghina/mencemarkan nama baik Garuda Indonesia dalam foto Saudara Rius.

Di lain sisi beredar bahwa Rius juga dituntut dengan UU ITE, yang semakin tidak berkorelasi dengan permasalahan. Hal ini dikarenakan pengambilan photo/konten tersebut yang disebarkan tidaklah konten asusila dan bertentangan dengan UU lain yang diatur di dalam UU ITE.

Tuntutan dari pihak Garuda juga cenderung ceroboh, karena berpotensi dilakukan penuntutan balik. Serta secara Humas tidak menguntungkan pihak Garuda sendiri.

Dapat dilihat poin – poin dalam UU ITE maupun Pencemaran nama baik yang tidak terkait dalam persoalan ini. Berikut saya lampirkan dibawah ini poin-poin UU tersebut :

  1. Dengan merujuk Pasal 310 ayat (1) KUHP, pencemaran nama baik diartikan sebagai perbuatan menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum.
  2. Pasal 27 ayat (3) UU ITE “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”
  3. Pasal 310 ayat (1) KUHP Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Terlihat bahwa Saudara Rius Vernandes dalam hal ini tidak terbukti menyalahi poin-poin dalam UU tersebut. Maka menurut hemat kami untuk pembelajaran Publik, Saudara Rius Vernandes kami sarankan melakukan penuntutan balik sesuai UU yang tersedia dengan bantuan Advokad.

Bila pihak Garuda mengajukan perdamaian pada akhirnya, kami sarankan untuk diterima (karena Garuda adalah kebanggaan RI) dengan syarat permintaan maaf secara resmi dan Publik. Hal ini agar menjadi pembelajaran publik agar semua pihak bijak dalam menyikapi suatu permasalahan, juga supaya hal semacam ini tidak terulang kembali di dunia penerbangan Indonesia.

Salam dari saya Pimred Faktorhukum.com :

Setya Aji SE., SH


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *