Tips Membeli Mobil Bekas Impian

Mahalnya harga mobil baru menjadikan sebagian orang lebih senang membeli mobil bekas. Nah untuk itu kali ini kami akan memberikan tips mengenai bagaimana cara melakukan pengecekan, sebelum membeli mobil bekas impian. Berikut ini tips dari kami :

  1. Periksa mesin, pada mobil bekas mesin adalah nomor satu. Hal ini dikarenakan jika terjadi kerusakan biaya perbaikan bisa sangat mahal. Berbeda dari mesin motor biaya perbaikan pada mesin mobil bisa mencapai puluhan juta. Cara pengecekan yakni pastikan suara mesin halus, gampang dihidupkan, pastikan asap dari kenalpot tidak berwarna “boleh ada warna putih tipis tapi pada suhu dingin”, tidak ada oli bocor dibagian bawah dan lakukan pengecekan pada sistem pendinginan mesin. Salah satu cara mengecek pendinginan mobil ialah, buka tutup radiator kemudian distater jika air muncrat maka ada kebocoran pada mesin ke saluran pendinginan.
  2. Periksa kelistrikan, hal ini karena kelistrikan mobil sangatlah rumit dan penting. Jika kelistrikan mobil bermasalah maka mobil bisa macet atau terbakar. Caranya ialah melakukan pengecekan arus mobil dengan tang meter. Khusus mobil eropa hal ini sangat penting bahkan melebihi mesin, mobil eropa bila terjadi kerusakan kelistrikan maka sangat jarang yang bisa memperbaiki dan mahal biaya pengerjaannya.
  3. Kaki kaki mobil, pemeriksaan kaki mobil harus dilakukan. Meski hal ini tidaklah mahal jika sampai terjadi kerusakan tentu cukup merepotkan. Cara memeriksanya adalah lakukan tes drive apakah masih nyaman atau tidak, belokan stir pentok saat mobil hidup keadaan berhenti jika bunyi maka power stering bermasalah, dan coba sistem pengereman. Apakah pengereman berfungsi dengan baik, jangan sampai rem mengunci roda atau bahkan rem tidak berfungsi.
  4. Periksa body, Pastikan body kendaraan tidak dalam keadaan parah. Cara untuk memastikan perikasa kolong adakah keropos, periksa cat apakah dempul tebal atau tidak dengan mengetukkan tangan. Bila hanya lecet sedikit bisa dimaklumi karena mobil bekas namun bila body parah tentu juga menyusahkan. Memang biaya perbaikan pada body mobil tidak sebesar mesin akan tetapi bagi orang awam merepotkan. Hal ini karena orang awam belum punya bengkel langganan, hingga berpotensi dikerjai bengkel repair body mobil.
  5. Cek surat kendaraan, lakukan cek fisik ke Samsat. Cek BPKP dan STNK pastikan bahwa surat yang ada adalah surat resmi dari kendaraan.

Itulah tips dari kami tentang bagaimana melakukan pengecekan mobil bekas impian yang akan anda beli. Sebagai tambahan bila anda membeli bertipe matic periksa transmisi baik baik dan bila mobil ber AC, maka pastikan AC dingin karena biaya perbaikannya kadang tidaklah murah.

Kami juga menyarankan anda mencari dahulu bengkel terpercaya sebelum membeli mobil bekas, karena hampir pasti anda akan melakukan perbaikan jika membeli mobil bekas. Jangan sampai mobil bekas yang bagus diperbaiki bengkel yang payah kemudian kerusakan palah bertambah ! Selamat mencari mobil bekas impian anda.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *