Pembangunan Tol Bawen – Jogja Dilaksanakan Harga Properti Terancam Meroket

Proyek pembangunan jalan Tol Bawen-Yogyakarta dan Tol Solo-Yogyakarta  akan segera memasuki proses lelang, lelang ini akan dibagi dalam dua proses lelang. Dua jalur tol tersebut antara lain untuk Tol Solo-Yogyakarta nantinya akan menjadi prakarsa badan usaha.

Sedang Tol Bawen-Yogyakarta nantinya dilelang dengan investasi penuh karena prakarsa pemerintah. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menjelaskan, pihaknya fokus dalam proses lelang dengan badan usaha. Seperti diketahui, PT Adhi Karya, salah satu BUMN telah disebut-sebut akan membangun jalan tol ini.

Adapun badan usaha yang menjadi pemrakarsa ini punya kelebihan. Diantaranya, jika badan usaha pemrakarsa mematok tariff Rp 1.000 per kilometer sementara ada badan usaha b peserta tender yang mematok tariff lebih murah, maka badan usaha b bisa menang tender.

Namun selain menawarkan kecepatan dalam transportasi, tol ini memiliki dampak lain yang bisa dinilai positif ataupun negatif. Salah satunya ialah akan meroketnya harga properti dan tanah disekitar tol seperti Bawen, Banyubiru,Ambarawa dan daerah lain yang akan dilewati tol.

Hal ini dikarenakan orang yang lahan terkena ganti rugi tol, akan menginvestasikan kembali uangnya ke sektor properti. Maka sangat besar kemungkinan harga properti akan meroket di daerah yang akan dilalui oleh tol.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *