Pemerintah Lakukan Sosialisasi dan Kaji Kembali RUU Bermasalah

Ditengah memanasnya situasi politik, timbul juga masalah pada berbagai RUU yang sedang akan diundangkan oleh pemerintah. RUU bermasalah ini diantaranya seperti RUU pertanahan, RUU pemasyarakatan, RKUHP dan yang lainnya. Penolakan RUU ini datang dari berbagai pihak.

Sebab penolakan ini mulai dari alasan HAM sampai alasan ketidak berpihakan pada masyarakat banyak di RUU yang akan diundangkan. Gelombang Demonstrasi dari berbagai pihak pun mulai berdatangan salah satunya dari mahasiswa.

Demo mahasiswa yang terjadi di berbagai daerah ini juga telah memakan korban. Untuk menghindari situasi yang lebih memanas, akhirnya pemerintah melakukan sosialisasi ulang dan kajian kembali pada RUU yang bermasalah tersebut.

Sosialisasi ulang ini dilakukan diberbagai daerah, dari pihak akademisi, mahasiswa dan LSM ikut diundang dan dilibatkan. Salah satunya yang telah tampak adalah di kabupaten Semarang yang melibatkan Undaris dan LSM. Sosialisasi yang dilakukan pada 25 September 2019 ini bertujuan untuk mengenalkan dan mencari masukan RUU. Diskusi dilakukan secara terbuka dan dua arah.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi akan dapat sedikit meredam sekaligus memberikan masukan kepada pemerintah. Kembali ke Sosialisasi di kabupaten Semarang tampak dalam diskusi tersebut ibu Wiwik Pratiwi, SH,. M.Hum dan Dr RR. Widihartati Setiasih, SH,. MH dari Undaris Ungaran serta sejumlah tokoh lainnya.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *