Pengertian Dari Replik dan Duplik

Beberapa dari kita sering mendengar istilak Replik dan Duplik. Namun taukan anda arti dari Replik dan Dublik tersebut ? Nah disini kami akan membahasnya secara singkat silahkan disimak.

Replik dan duplik muncul setelah gugatan dibacakan oleh pihak penggugat, pihak tergugat akan membuat jawaban atas gugatan. Kemudian pihak penggugat akan melakukan Replik atau akan menjawab kembali jawaban yang disampaikan tergugat. Terhadap replik penggugat, tergugat akan kembali menanggapi dan hal itu yang disebut dengan duplik.

Setelah proses jawab-menjawab sidang perkara perdata kemudian dilanjutkan dengan pembuktian . Apabila dianggap perlu dapat pula dilakukan pemeriksaan setempat serta pemeriksaan ahli. Setelah tahap pembuktian, majelis hakim kemudian bermusyawarat untuk merumuskan putusan.

Hakim tidak diizinkan menjatuhkan putusan atas perkara yang tidak digugat, atau memberikan lebih dari pada yang digugat. Hal ini sesuai dengan Pasal 178 HIR. Nah itulah dia pengertian serta penjelasan dari Replik dan Duplik.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *