Rejoso Ambarawa Desa Yang Tenggelam

Pernahkah anda mendengar ada desa yang tenggelam, mungkin bagi sebagian dari anda belum pernah mendengarnya. Namun hal itu nyata dan terjadi seperti di Desa Rejoso Kecamatan Ambarawa. Desa ini terletak di Kelurahan Pojoksari Ambarawa, dibelakang komplek perumahan Ambarawa Residence.

Tanah di desa Rejoso yang juga pernah memiliki nama Rejosari ini terkenal banjir dan labil. Hampir semua orang di Ambarawa mengetahuinya dan menjadi rahasia umum. Sehingga harga tanah di desa Rejoso adalah yang terendah di daerah Ambarawa. Sebenarnya letak desa ini strategis namun labilnya sebagian besar tanah di desa Rejoso menjadikan tanahnya tak layak sebagai investasi.

Meski terkenal dengan tanah labilnya belum ada pihak terkait yang melakukan penelitian dan pencegahan disana. Memang pemerintah sering memberi bantuan perbaikan jalan dan perbaikan rumah, sayang ini hanya solusi sementara. Belum ada upaya mencegah terjadinya penurunan permukaan tanah dan amblasnya rumah warga disana.

Banyak penduduk yang akhirnya memilih pergi dari Rejoso, walau tak sedikit pula yang tetap tinggal. Namun para warga yang masih tetap tinggal harus menanggung konsekuensi yang ada. Karena rumah di Rejoso amblas setiap tahunnya, hingga rata – rata di tahun ke lima rumah sudah amblas sekitar 1 meter. Akhibatnya warga sering meninggikan tembok sebagai upaya meninggikan hunian mereka.

Sungguh hal yang ironis mengingat Ambarawa yang semakin menjadi moderen dan kelurahan Pojoksari merupakan salah satu kelurahan termaju di Ambarawa. Dibalik kemajuan desa lain di Kelurahan Pojoksari seperti Desa Pojoksari, Rowobajul juga Sanggarsari, ada sebuah desa yang tenggelam bernama Rejoso di Ambarawa.