Tips Memilih Notaris dan PPAT Terpercaya

Dalam formalitas hukum keberadaan notaris dan PPAT sangat dibutuhkan, namun terkadang masih saja ada oknum notaris dan PPAT nakal. Oknum Notaris dan PPAT nakal ini sering bertindak diluar kode etik profesi mereka. Tindakan tidak profesional mereka seperti tidak kunjung mengurus balik nama properti, menggelapkan dana hingga membuat akta palsu, yang tentu dari kesemuanya merugikan masyarakat.

Sebenarnya pemerintah sendiri telah memperketat penerimaan PPAT dan Notaris. Dalam organisasi notaris sebetulnya ada tempat pelaporan yakni Majelis Kehormatan Notaris, bila anda mendapat tindakan tidak profesional anda dapat melaporkan notaris atau PPAT tersebut. Namun oknum nakal memang selalu saja ada. Maka dari itu kami akan memberikan sedikit tips agar anda terhindar dari para oknum Notaris dan PPAT nakal. Nah inilah tips untuk memilih notaris dan PPAT terpercaya.

  1. Periksa latar belakang notaris atau PPAT anda, sebelum anda menyerahkan kepengurusan dokumen berharga anda dan pastikan anda mengetahui latar belakang Notaris tersebut. Anda dapat mencari latar belakang dengan mengetikan nama atau nomor register notaris atau PPAT tersebut, cek pernah bermasalah atau tidak.
  2. Cek kepuasan konsumen kepada notaris atau PPAT tersebut. Cara mengetahuinya yang paling mudah adalah membuka google map lalu cari rating serta ulasan dari konsumen pada notaris atau PPAT.
  3. Minta referensi pada teman anda, hal ini adalah cara yang paling mudah dan tepat. Anda mencari referensi notaris atau PPAT dari teman atau kenalan yang anda percayai.

Nah itulah seditikit tips dari kami, agar anda mendapat notaris yang terpercaya. Semoga tips tersebut menghindarkan anda dari oknum nakal.