Tol Ala Jokowi Bikin Perjalanan Lancar dan Cepat

Pembangunan infrastruktur tol nampaknya berbuah hasil yang baik dalam memperlancar dan mempercepat perjalanan. Sebagai Jakarta ke Surabaya, sekarang bisa ditempuh di bawah 10 jam. Jakarta ke Situbondo bahkan ditempuh hanya 14 jam. Begitu juga dengan Jakarta Palembang. Sebab ruas tol terpanjang Bakauheni-Palembang, Jakarta-Palembang ditempuh hanya 8 jam kini.

Mengutip rilis lembaga riset berbasis di Swiss, IMD World Competitiveness Center, dunia luar sudah mulai mengakui perkembangan dan kemajuan infrastruktur Indonesia. Daya saing Indonesia 2019 melesat 11 peringkat ke atas tahun ini. Indonesia kini bertengger di urutan ke-32. Sebelumnya, tahun 2018 berada di peringkat ke-43.

Sebagaimana diketahui, laju peringkat daya saing Indonesia merupakan yang tertinggi kedua dunia. Melesat 11 peringkat, Indonesia hanya terkalahkan oleh Arab Saudi, naik 13 tingkat. Hal ini tentunya kabar baik yang juga harus mampu mengangkat perekonomian.

Meski begitu tarif tol perlu penyesuaian, bila bisa lebih murah lagi tentu akan memperingan masyarakat. Namun dengan adanya tol ini sudah suatu kemajuan, karena mengurangi kemacetan dan waktu tempuh.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *