Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP Mahasiswa Berbagai Daerah di Indonesia Demo

Merebaknya demonstrasi Mahasiswa di sejumlah daerah di Indonesia memprotes rencana pemerintahan Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang. Demo digelar serentak di Riau, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, hingga Papua pada hari ini, Senin (23/9).

Gelombang demonstrasi ini hanya berselang beberapa pekan menjelang pelantikan Presiden Jokowi untuk periode kedua. Di Yogyakarta bahkan mahasiswa yang bergabung dengan pekerja, pelajar, dan aktivis masyarakat sipil menggelar demo di Pertigaan Gejayan.

Demo bertajuk #GejayanMemanggil ini bahkan menjadi topik terpopuler Twitter di Indonesia. Semua elemen yang bergerak dalam aksi #GejayanMemanggil tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak. Perlu diketahui Gejayan juga populer dimasa demo Reformasi.

Mereka mengusung tujuh tuntutan. Di antaranya mendesak RKUHP ditunda, revisi UU KPK yang baru disahkan, mengadili elite yang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan, dan menolak pasal-pasal bermasalah RUU Pertanahan dan RUU Ketenagakerjaan.

Demo ini adalah wujud kekecewaan mahasiswa, karena bila disahkan RKUHP akan terlalu mencampuri urusan pribadi masyarakat dan berbau otoriter. Dimana disejumlah pasal semacam pertanahan juga mengandung unsur pidana bagi masyarakat. Belum lagi masalah KPK yang dianggap mengganggu Investasi oleh kalangan istana.

Namun cukup disayangkan di beberapa daerah seperti Bandung demo berakhir ricuh. Hingga berita ini diterbitkan baik mahasiswa maupun pemerintah belum menemukan titik temu, mahasiswa juga menyatakan akan melakukan kembali demo lanjutan dengan masa yang lebih besar. Dilain sisi Presiden Jokowi dengan singkat tetaplah menolak permintaan mahasiswa tentang Revisi UU KPK.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *