Hujan Lebat Menurut BMKG Intai Sejumlah Wilayah di Indonesia

Setelah kemarau panjang melanda Indonesia, BMKG memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat yang akan terjadi dalam tiga hari, mulai 1 Oktober– 03 Oktober 2019 di sejumlah wilayah Indonesia. Melalui siaran pers, kemarin selasa (1/10/2019), BMKG menyebutkan terdapat sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Timur Philipina (level 925/700) dan Australia bagian Utara (level 925/900).

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah. Low level jet dengan kecepatan angin dapat mencapai >25 kt berpotensi terjadi di Laut Arafuru. Konvergensi memanjang di utara Kalimantan.

Berdasarkan hasil pantauan BMKG, terdapat wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari selasa 1 oktober 2019 yaitu Sumatera Utara ,Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku. Sedangkan untuk hari ini 2 Oktober Sumatera Utara Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku. Besok kamis tanggal 3 Oktober wilayah Sumatera Barat, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku berpotensi mengalami hujan lebat.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan. Bagi pengendara roda dua dihimbau juga untuk mempersiapkan jas hujan untuk perjalanan.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *