Sosialisasi Rencana pembangunan Tol Bawen – Jogja Dimulai Pertengahan November

Sosialisasi terkait rencana pembangunan Tol Bawen-Jogya dan Solo-Jogja, akan dimulai pada pertengahan November 2019 mendatang. Setelah sosialisasi selesai dilakukan, Izin Penetapan Lokasi (IPL) akan diterbitkan. 

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno mengatakan, sosialisasi sendiri dibarengi dengan dilakukannya konsultasi publik. Tim persiapan pun akan dibentuk guna menyiapkan berbagai hal terkait penerbitan IPL.

Tim persiapan ini diberikan waktu selama tiga bulan melakukan persiapan dan nantinya IPL dapat segera diterbitkan. Dengan adanya sosialisasi dan konsultasi publik ini, diharapkan masyarakat terdampak dapat mensukseskan pembangunan tol ini. 

Tim persiapan sendiri nantinya akan diketuai Kanwil Badan Pertanahan Negara (BPN). Sementara anggotanya berasal dari berbagai instansi pemerintah yang terlibat, termasuk dari pihak kecamatan dan desa yang dilewati tol ini. 

Terkait dengan target sosialisasi dan konsultasi kepada publik publik agar terjalin komunikasi yang baik. Krido Suprayitno sendiri tidak bisa untuk memastikan kapan IPL dapat dilaksanakan. Sebab hal tersebut tergantung kepada sukses atau tidaknya konsultasi pada publik.