Pembetulan Kesalahan Pada Akta Kelahiran

Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana setempat paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran. Berdasarkan laporan itu Pejabat Pencatatan Sipil “Disdukcapil” mencatat pada Register Akta Kelahiran dan menerbitkan Kutipan Akta Kelahiran. Hal ini diatur dalam Pasal 27 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Kutipan Akta kelahiran yang dikeluarkan kantor kependudukan dan catatan sipil kadang ada kesalahan. Kesalahan bisa yang sifatnya redaksional dan karena kesalahan data dibandingkan dengan data dari dokumen yang lain.

Perlu diingat pembetulan baik redaksional maupun data bisa jadi merubah beberapa hal, yang tentunya memerlukan waktu berbeda disetiap tempat. Perubahan ini seperti pada KTP, Kartu keluarga maupun data pencatatan online (jika ada) seperti misalnya Lakone Disdukcapil di Kabupaten Pemalang.

Jika kesalahan karena kesalahan redaksional, dapat langsung dibetulkan oleh kantor kependudukan dan catatan sipil langsung atau dengan permohonan pemohon. Hal ini sesuai Pasal 71 UU Adminduk yang berbunyi: 

  1. Pembetulan akta Pencatatan Sipil hanya dilakukan untuk akta yang mengalami kesalahan tulis redaksional.
  2. Pembetulan akta Pencatatan Sipil sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan atau tanpa permohonan dari orang yang menjadi subjek akta.
  3. Pembetulan akta Pencatatan Sipil sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Pejabat Pencatatan Sipil sesuai dengan kewenangannya.

Jika ada permohonan perubahan pembetulan akta dinilai kantor kependudukan dan catatan sipil bukan kesalahan redaksional maka pembentulan tersebut harus dengan putusan pengadilan negeri. Maka mintalah pengantar dari dinas tersebut dan ajukan permohonan tersebut ke Pengadilan. Serta hal tersebut harus melalui proses persidangan.