Tata Cara Pelaporan ke Polisi

Tindak pidana sering terjadi disekitar kita, namun banyak dari kita yang masih bingung bagaimana melaporkannya kepada Polisi. Maka dari itu kami akan sedikit mengulas tata cara pelaporan ke polisi. Dalam hal Anda ingin melaporkan suatu tindak pidana atau kejahatan, Anda dapat langsung datang ke kantor Kepolisian yang terdekat pada lokasi tindak pidana tersebut terjadi.

Misalkan jika Anda melihat ada tindak pidana di suatu kecamatan. Maka Anda dapat melaporkan hal tersebut ke Kepolisian tingkat Sektor (POLSEK) di mana tindak pidana itu terjadi.

Akan tetapi, Anda juga dibenarkan/dibolehkan untuk melaporkan hal tersebut ke wilayah administrasi yang berada di atasnya. Misal melapor ke POLRES, POLDA atau bahkan MABES POLRI . Hal ini sesuai Pasal 4 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2007 tentang Daerah Hukum Kepolisian Negara Republik Indonesia (“PP 23/2007”).

Laporan tersebut disampaikan kepada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Masyarakat dapat menyampaikan pada kepolisian kapanpun karena tugas jaga/piket Sentra Pelayanan Kepolisian menerima laporan selama 24 Jam, 7 hari dalam seminggu.

Masyarakat juga bisa menyampaikan laporannya melalui call centre Polri 110, TMC (Traffic Manajement Centre) dan juga NTMC (National Traffic Manajement Centre).