Hujan Badai Terjang Ungaran Puluhan Rumah dan Kantor Alami Kerusakan

Hujan badai melanda kota Ungaran mengakhibatkan sejumlah kerusakan bangunan. Misal sekitar 70 rumah di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, rusak akibat diterjang angin kencang pada Selasa 10/12/2019 sore. Kerusakan rumah-rumah tersebut akibat pohon tumbang dan tiang listrik yang roboh diterpa angin kencang.

Selain rumah rusak, sebagian besar wilayah desa gelap karena mati listrik. Kerusakan hingga 80 persen terjadi di sebuah rumah, sehingga penghuninya mengungsi ke rumah kerabat di Desa Karangbolo.

Selain di Desa Lerep, angin juga mengakibatkan kerusakan di beberapa kantor pemerintah. Pohon tumbang menimpa mobil di Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baretiltbangda) Kabupaten Semarang dan di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Komplek Tarubudaya.

Pasca kejadian tersebut, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang terus melakukan tindakan yang diperlukan. Tak hanya itu Petugas pemadam kebakaran, serta relawan juga bergotong royong mengevakuasi pohon tumbang dengan berbagai alat.

Beberapa pohon yang tumbang di tengah jalan sempat mengakibatkan kemacetan. Namun hal itu dapat segera ditanggulangi oleh pihak berwenang.