Pemerintah Akan Sesuaikan LPG 3 KG Dengan Harga Pasar

Mulai tahun ini rencananya pemerintah mulai mengurangi penyaluran gas LPG 3 kilogram (kg) pada semester II 2020. Selain itu, harga jual gas tersebut juga akan disesuaikan sesuai harga pasar. Hal ini dijelaskan oleh Direktur Hilir Migas Kementerian ESDM, Mohammad Hidayat, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Migas, Djoko Siswanto mengatakan, LPG 3 Kg tetap dijual di pasaran. Tetapi, dia menyarankan bagi warga mampu untuk membeli gas di atas 3 Kg. Karena, nantinya harga gas 3 kg akan dipatok sesuai harga pasar.

Terkait pengurangan LPG bersubsidi, nantinya ada penghematan anggaran sekitar 10-30 persen. Namun menjalankan rencana itu, pemerintah melakukan pembahasan dengan stakeholder terkait, yakni PT Pertamina (Persero), Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, Kementerian Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi, serta Kementerian BUMN.

Jika hal ini jadi dilaksanakan harga LPG 3 Kg diperkirakan mencapai Rp 35 ribu pertabung. Namun tentu hal ini akan mengurangi beban subsidi serta membantu negara, ditengah lesunya ekonomi di Indonesia.