Salatiga Bebas Virus Corona Dipastikan Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga menyatakan, sejauh ini belum ada warga Salatiga yang terjangkit virus corona. Pasien yang mengalami keluhan mirip penyakit virus corona yang ditangani RSUD Salatiga bukan warga Salatiga melainkan beralamat di Yogyakarta. Hal ini dijelaskan oleh Siti Zuraidah Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga.

Pasien yang dirujuk ke RSUP Kariadi bukan warga Salatiga. Sesuai identitas paspornya, orang Yogyakarta. Pasien itu, dirujuk ke RSUP Kariadi karena pernah pergi ke Wuhan, China. Diketahui pasien tersebut belakangan diketahui sedang studi S3 di Wuhan. Kemudian pulang ke Indonesia dan berlibur ke Salatiga.

Siti Zuraidah menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui perkembangan hasil pemeriksaan medis di RSUP Kariadi, Semarang. Lebih jauh Siti Zuraidah mengatakan, apabila nanti ditemukan warga Salatiga positif terjangkit virus Corona, DKK Salatiga telah berkomunikasi dengan sejumlah rumah sakit di Jateng,

Masing-masing Puskesmas di Salatiga secara khusus juga telah diimbau untuk melakukan pengawasan kasus dengan gejala influenza disertai batuk dan pilek. Kemudian tim surveilance berjejaring dengan puskesmas dan rumah sakit.