Salatiga dan Sekitarnya Dihimbau Waspada Penculikan Anak

Ramai beredar informasi percobaan penculikan anak di wilayah Kota Salatiga, melalui media sosial baik grup Facebook dan Whatshapp. Hal ini dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Salatiga Yuni Ambarwati.

Ia mengatakan sampai sekarang telah tiga kali dikabarkan adanya percobaan penculikan anak sepulang sekolah di Salatiga. Kejadian yang pertama itu pada hari Selasa 4 Februari 2020 di lingkungan SDN Tingkir Lor 01, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Setelah dicek ke guru koordinator wilayah benar adanya, dan siswa berhasil melarikan diri.

Menurut Yuni, pasca kejadian tersebut pihak sekolah telah menyampaikan himbauan kepada orang tua murid agar lebih hati-hati dan selalu mengawasi putra maupun putrinya.

Ia menambahkan, Disdik Salatiga juga sudah mengambil langkah antisipasi berupa himbauan kepada para guru. Khususnya guru juga orang tua di Kota Salatiga dan sekitarnya supaya memastikan seluruh anak didiknya dalam keadaan aman selama kegiatan di sekolah.

Pihaknya menyatakan atas adanya upaya tindak kejahatan tersebut selain himbauan langsung, Disdik Salatiga juga telah mengeluarkan surat edaran kepada semua kepada sekolah melalui koordinator wilayah masing-masing agar lebih waspada.

Dikatakan kepada para orangtua juga diharap tidak terlalu khawatir berlebihan. Seperti melarang anaknya beraktivitas bermain seusai sekolah. Kemudian juga agar tidak mudah mempercayai informasi adanya percobaan penculikan secara berlebihan. Intinya waspada dan juga berkoordinasi dengan keamanan.