Cara Mendapatkan Diskon & Gratis Listrik Dari Jokowi

Pemerintah telah memberikan keringanan tarif listrik kepada 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan. Kebijakan untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona (Covid-19) tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Maret lalu.

Keringanan gratis dan diskon tarif listrik tersebut diberikan oleh pemerintah selama tiga bulan berturut-turut yakni pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Untuk pemberian keringanan ini, pemerintah menyiapkan dana Rp3,5 triliun.

PT PLN telah mengumumkan tata cara untuk mendapatkan keringanan biaya listrik bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, termasuk bagaimana mengisi token listrik gratis.

Keterangan resmi PLN yang dirilis menyebutkan bahwa para pelanggan daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis langsung mendapatkan pembebasan tagihan biaya listrik pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Untuk pelanggan 450 VA prabayar dapat memperolehnya tarif gratis. Dengan mengirim nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Sementara pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar bisa mendapatkan diskon. Yakni tarif listrik 50 persen juga secara otomatis pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

Rekening tagihan biaya listrik pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar akan dikurangi 50 persen pada setiap bulan. Terhadap pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori prabayar. PLN akan memberikan token listrik dengan harga diskon 50 persen senilai pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.