Arti Putusan Non Executable

Putusan Non executable adalah suatu putusan yang telah berkekuatan hukum tetap tetapi tidak dapat dilakukan eksekusi. Suatu putusan yang telah berkekuatan hukum tetap dapat dinyatakan non executable oleh Ketua Pengadilan apabila :

  1. Putusan yang bersifat deklaratoir
  2. Putusan konstitutif.

Putusan deklaratoir atau deklaratif (Declatoir vonnis) adalah pernyataan hakim yang tertuang dalam putusan yang dijatuhkannya. Pernyataan itu merupakan penjelasan atau penetapan tentang suatu hak atau title maupun status dan pernyataan itu dicatumkan dalam amar atau dictum putusan.

Putusan konstitutif/constitutive (Constitutif vonnis) adalah putusan yang memastikan suatu keadaan hukum, baik yang bersifat meniadakan suatu keadaan hukum atau yang menimbulkan keadaan hukum baru.

  • Barang yang akan dieksekusi tidak berada di tangan Tergugat/Termohon eksekusi.
  • Barang yang akan dieksekusi tidak sesuai dengan barang yang disebut dalam amar putusan.
  • Amar putusan tersebut tidak mungkin untuk dilaksanakan.
  • Ketua Pengadilan Negeri tidak dapat menyatakan suatu putusan non-executable sebelum seluruh proses/acara eksekusi dilaksanakan, kecuali tersebut dalam butir a. Penetapan non-executable harus didasarkan Berita Acara yang dibuat oleh juru sita yang diperintahkan untuk melaksanakan eksekusi putusan tersebut.