Perbedaan Chipset dengan CPU dan GPU

Banyak istilah dari komponen sebuah komputer, seperti Chipset, CPU dan CPU. Namun taukan anda perbedaanya dan spek seperti apa yang anda butuhkan ? Untuk melihat perbedaan di antara ketiga komponen ini.

Pertama CPU atau Central Processing Unit adalah hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Tugas utama dari CPU adalah menangani hampir semua tugas dan perhitungan yang dilakukan dari semua perangkat keras yang disematkan di dalam sebuah komputer. Bahasa mudahnya, CPU bisa diibaratkan sebagai otak dari komputer Anda.

Kemampuan CPU dapat diukur dari beberapa faktor. Pertama, seberapa banyak ‘prosesor inti’ dari sebuah prosesor. Umumnya, sebuah prosesor modern hadir dengan minimal dua prosesor inti. Tak jarang mereka memiliki kemampuan Hyper Threading yang membuat satu inti bisa menjalankan dua proses secara stimultan.

Ada juga ukuran kecepatan prosesor yang diukur dalam satuan gigahertz (GHz). Sebagai contoh, jika CPU memiliki kecepatan sebesar 2,4GHz, makaCPU ini dapat memproses hingga 2,4 miliar instruksi dalam satu detik.

Saat ini, pasar CPU dikuasai beberapa pabrikan besar, yakni Intel, Advanced Micro Devices atau dikenal sebagai AMD dan ARM untuk tipe perangkat mobile CPU.

Hampir sama dengan CPU, Graphic Processing Unit (GPU) juga merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer. Jika CPU memproses semua data yang berhubungan dengan menjalankan instruksi untuk menjalankan sebuah komputer, GPU memproses instruksi yang dikirimkan oleh sebuah software untuk ditampilkan ke layar.

Biasanya, ada dua jenis GPU. Pertama, GPU yang terintegrasi langsung yang sering disebut sebagai GPU diskrit. GPU lain yang harus disematkan ke motherboard biasa disebut GPU eksternal.

Di komputasi modern, GPU tidak hanya menampilkan gambar 2 dimensi, seperti menampilkan GUI dan lainnya. GPU saat ini lebih ditujukan untuk memproses sebuah gambar 3 dimensi, baik di dalam sebuah gim atau dalam sebuah software computer-aided design (CAD). Saat ini kemampuan dari GPU saat ini juga bisa dibilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan CPU. 

Lalu Apakah itu Chipset atau SoC

Sedangkan Chipset merupakan IC ukuran kecil pada komputer yang mengatur lalu lintas pada papan induk, mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer. Tapi chipset berbeda pada Smartphone karena didalam sebuah perangkat seperti perangkat komputer genggam semacam Android, Chipset, CPU dan GPU adalah satu kesatuan. Berbeda dengan PC yang CPU dan GPU bahkan Motherboard dapat leluasa diganti. Contoh Chipset atau kadang disebut SoC ini adalah Mediatek ataupun Snapdragon.

Jadi dalam pemilihan komputer anda dapat melihat speknya terlebih dahulu. Seperti jika anda desainer atau gamers maka GPU lebih diperlukan daripada CPU. Namun dalam sebuah komputer yang dirakit pabrikan semacam Laptop, CPU bagus biasanya diikuti dengan GPU bagus dan Ram besar. Pilih juga brand Motherboard yang terjamin, seperti Asus yang Motherboardnya lebih dingin sehingga stabil performanya.

Untuk Smartphone anda dapat memilih melalui Chipset karena memang sudah satu kesatuan antara CPU, GPU dan komponen lainnya. Tapi perlu diingat di kasus smartphone kadang CPU bagus tidak diikuti GPU yang mumpuni, maka sekali lagi lihat pada Chipsetnya. Ini karena brand memiliki pangsa pasarnya sendiri contoh Brand Luna kadang CPU bagus tapi GPU seadanya.