Trending Pekan Ini : Dari Video Klip Norman Kamaru Hingga Masalah Kebebasan Bersuara

Trending pekan ini dihiasi dengan berbagai hal menarik, mulai dari Video Klip Norman Kamaru bersama Saykoji berjudul “Lupakan” yang trending dan mencapai hampir 1 juta view di Youtube dalam 5 hari. Padahal video ini adalah video lama kolaborasi Norman dan Saykoji dibawah naungan Falcon Musik.

Menariknya video ini sebenarnya sudah diluncurkan lama yakni tahun 2013 atau 7 tahun yang lalu. Video ini menjadi trending setelah akun baru Falcon Musik mengunggahnya lagi, dan dalam sekejap mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat. Seperti yang diketahui Norman Kamaru adalah anggota Kepolisian yang akhirnya lebih memilih terjun didunia seni.

Trending lainnya datang dari Bintang Emon komika yang cukup lantang menyuarakan suara netizen ini mendapat fitnah dan ancaman. Hal ini terjadi setelah Bintang Emon membuat Video kritik penanganan kejaksaan dalam kasus penyiraman air keras Novel Baswedan oleh oknum polisi. Bintang Emon bahkan sampai disebut memakai narkoba dan harus melakukan tes untuk mengklarifikasi.

Baca Juga : Ketuhanan Yang Berkebudayaan Di RUU HIP Wajib Dipertanyakan

Kabar lain yang tak kalah trending ialah seorang warga kepulauan Sula, Maluku Utara terjerat masalah setelah ia mengunggah guyonan Gus Dur. Masalah muncung unggahan guyonan Gus Dur “Ada tiga polisi jujur di Indonesia, yaitu polisi tidur, patung polisi, dan Jenderal Hoegeng” dan kemudian didatangi pihak kepolisian.

Padahal guyonan ini sudah jamak digunakan bahkan pernah digunakan oleh Kapolri Tito Karnavian semasa menjabat. Hal ini tentu menambah daftar panjang masalah kebebasan bersuara di Indonesia. Bahkan beberapa pengamat dan akademisi mulai melihat ada pihak tertentu yang ingin menghilangkan kebebasan bersuara dan demokrasi Indonesia. Nah itulah trending topik selama pekan ini yang kami rangkum. Banyak hal menarik yang perlu disimak serta dicermati.