Inilah Jawaban Kenapa Produk Dari China Murah

China atau juga disebut Tiongkok adalah negara yang dikenal dapat menghasilkan produk yang jauh lebih murah daripada negara lain. Mereka membuat produk murah berkualitas yang akhirnya membanjiri pasaran. Negara pesaing China pun kelabakan dibuatnya bahkan sekarang China adalah negara dengan Ekonomi Terbesar di dunia mengalahkan USA.

Tentu muncul dibenak kita kenapa produk China murah, apakah faktor teknologi, SDM yang bagus ataukah faktor lainnya ? Maka dari itu kami akan membahasnya disini.

Baca Juga : Inalum Berencana Terbitkan Utang 30an Triliun Untuk Bayar Utang

Produk asal China murah pertama disebabkan karena mereka telah dapat membuat komponen produk mereka secara komplit. Teknologi mereka pun canggih, meski dinilai sebagian pihak hasil jiplakan tapi memungkinkan produsen lokal membuat barang dengan komponen lokal. Hasilnya China tidak perlu repot membeli komponen dari negara lain.

China juga memiliki infrastuktur yang baik dan kuasa penuh atas masyarakatnya tanpa memperdulikan Hak Individu. Sehingga saat ada investor masuk untuk membangun pabrik cenderung gampang. Investor tinggal mengajukan tawaran ke pemerintah saat diterima maka jaminan kemudahan didapat.

Inilah yang paling penting tenaga kerja di China melimpah dan murah serta sumber daya alam yang tak kalah banyaknya. Ini terjadi karena China Menguasai wilayah lain seperti Tibet dan Turkistan Timur yang dijadikan provinsi secara paksa. Akhibatnya China lebih mudah melakukan pemanfaatan tanpa memperdulikan HAM dan lingkungan.

Kontroversi Produk China Murah dan Bagus

China diduga melakukan kerja paksa pada para tahanan seperti pada suku Uyghur di Turkistan Timur yang disebutnya provinsi Xinjiang. China juga mengeruk SDA dari Tibet dan Turkistan Timur dengan masifnya tanpa perduli dampak lingkungan. Hal tersebut menjadikan produk mereka murah dan sulit disaingi negara lain.

Tenaga kerja gratis dan SDA yang dikeruk dengan masif menjadikannya tidak bisa ditandingi oleh negara Demokrasi. Karenanya berberapa negara memblokir produk China, entah sebagai soledaritas HAM atau sekedar motif ekonomi. Itulah yang membuat produk China murah dan bagus karena ongkos produksi juga murah, layaknya Produk Kompeni yang dijual ke Eropa saat menjajah Indonesia. Hasil cepatnya Negara China kaya secara ekonomi walau kesejahteraan rakyatnya sepertinya tidak seirama.