Jenis Kreditur Di Dalam Kepailitan

Dalam perkara kepailitan ada tiga macam kreditur, tiga jenis kreditur itu adalah sebagai berikut :

1. Kreditur Preferen

Kreditur Preferen diartikan sebagai kreditur yang memiliki hak istimewa. Hak istimewa adalah  hak kreditur untuk didahulukan daripada kreditur lainnya karena alasan yang sah menurut hukum seperti karena diperintahkan oleh undang-undang.

Contoh dari kreditur preferen yaitu:

  1. Pembayaran terhadap upah buruh/pekerja;
  2. Pembayaran terhadap negara seperti pajak, dll;
  3. Kurator.

2. Kreditur Separatis

Kreditur separatis adalah kreditur yang memegang hak jaminan seperti hak gadai, hak jaminan, hak hipotek dan hak-hak jaminan atas kebendaan lainnya.

Salah satu kelebihan dari kreditur separatis ini adalah dapat mengeksekusi objek jaminannya seolah-olah tidak terjadi kepailitan sebagaimana diatur dalam Pasal 55 ayat (1) UU K-PKPU.

3. Kreditur Konkuren

Kreditur konkuren adalah kreditur yang tidak memegang hak jaminan namun memiliki hak untuk menagih debitur karena memiliki tagihan yang dapat ditagih terhadap debitur yang didasarkan pada perjanjian.

Sebagai contoh, kreditur memiliki tagihan terhadap debitur yang didasarkan pada perjanjian utang piutang tanpa adanya jaminan (agunan). Biasanya perjanjian yang dibuat antara kreditur dan debitur ini jumlahnya tidak besar, sehingga tagihannya pun kecil.