Pasar Hewan Bawen Tetap Ramai Walaupun Pandemi

Jelang hari raya Idul Adha pada masa pandemi ini, pasar hewan Bawen Kabupaten Semarang tetap dipenuhi penjual dan pembeli. Aktivitas ekonomi pasar hewan Bawen di Kabupaten Semarang justru menggeliat di tengah merosotnya daya beli masyarakat, karena perlambatan ekonomi.

Pasar tradisional yang buka setiap 5 hari sekali. Terlihat pada saat hari pasaran Jawa Yakni pada hari pon menjadi salah satu pasar yang di datangi penjual dan pembeli dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Pasar hewan bawen yang terletak di timur Ambarawa kabupaten Semarang tetap ramai dipadati warga. Masa pandemi covid-19 tidak mempengaruhi aktivitas pasar hewan, yang lebih dikenal dengan Ngeponan di kabupaten Semarang tersebut.

Terlebih, menjelang Idul Adha 2020 transaksi jual beli sapi dan kambing justru merangkak meski kenaikan harga sangat kecil. Sayang banyak diantara warga yang belum mengenakan masker sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Pelanggaran protokol kesehatan di keramaian tentu berakhibat kurang baik. Terlebih angka peningkatan virus Corona khususnya di Jawa tengah masih tinggi. Diharapkan pengelola pasar dapat menertibkan hal ini.