Bolehkah Satpol PP Melakukan Razia Masker Pada Pengguna Kendaraan di Jalan Raya ?

Halo nama saya Jodie, Saya mau bertanya tentang bolehkah Satpol PP melakukan Razia masker pada pengguna kendaraan di jalan raya ? Hal ini berkaitan dengan maraknya razia masker dimasa Pandemi. Serta bolehkah melakukan tindakan kekerasan saat melakukan razia masker tersebut ?

Jawaban :

Halo Jodie terima kasih telah bertanya, untuk itu kami akan sedikit memberikan penjelasan. Jika mengacu pada UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan maka yang berwenang melakukan razia hanyalah pihak Kepolisian. Kemudian dalam PP 80/2012 disebutkan bahwa :

Yang Berwenang Melakukan Pemeriksaan “Razia” Kendaraan Bermotor di Jalan dilakukan oleh:

  1. Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia
  2. Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam hal ini karena Satpol PP tidak tercantum maka tentunya tidak berwenang. Meski pada masa pandemi Perda tentang kewajiban masker telah diberlakukan oleh Pemda, Satpol PP tidak serta merta dapat melakukan Razia pada pengguna kendaraan bermotor ! Ini dikarenakan posisi Perda berada paling bawah dalam Hierarki hukum Indonesia tidak boleh melampaui ketentuan diatasnya, dan juga Razia Kendaraan telah diatur dalam UU khusus.

Solusinya ialah di dalam razia Satpol PP menyertakan pihak Kepolisian ataupun pihak Dishub. Dengan cara itu maka Satpol PP dapat melakukan razia. Perlu diingat juga didalam razia harus mengikuti UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Seperti memasang plang razia, memasang lampu isyarat dan pada malam hari memakai rompi yang dapat memantulkan cahaya.

Bila tidak melibatkan pihak Satlantas Kepolisian dan Dishub maka razia tersebut dapat disebut ilegal. Impikasinya tentu dapat dilaporkan masyarakat kepada pihak berwenang.

Tidak Dapat Melakukan Tindakan Kekerasan

Untuk tindakan kekerasan sendiri tentu tidak dapat dibenarkan. Tindakan kekerasan hanya dapat dilakukan misalnya pada saat terindikasi melakukan perlawanan juga dicurigai membawa barang berbahaya (Narkoba atau Bom).

Maka jika tidak ada indikasi dan petugas melakukan kekerasan saat razia masker. Petugas Satpol PP dapat dilaporkan ke Kepolisian dengan tuduhan Penganiayaan maupun perbuatan tidak menyenangkan ataupun sesuai tindakan yang Terjadi.

Karena bahkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Aparat Kepolisian dan TNI, hanya dapat dilakukan pada keadaan yang Dibenarkan dan Diatur oleh UU hukum. Itulah jawaban dari kami Semoga bermanfaat!