Pengertian Pelanggaran dan Kejahatan

Pelanggaran dan kejahatan adalah sesuatu yang berbeda. Keduanya diatur dengan peraturan yang berbeda pula. Namun sayang tidak semua orang memahaminya.

Disini kami akan sedikit menerangkan tentang keduanya. Pemahaman akan kami buat dengan ringkas agar mudah dipahami oleh para pembaca sekalian.

Pengertian pelanggaran ialah perbuatan melawan hukum yang hanya dapatditentukan setelah ada peraturan perundangan yang mengaturnya. Pelanggaran tidak memberikan efek yang tidak berpengaruh secara langsung kepada orang lain. Contoh seperti pelanggaran lalulintas tidak menggunakan sabuk pengaman dalam berkendaraan, dan sebagainya

Sedangkan pengertian kejahatan adalah delik hukum (rechts delicten) yaitu perbuatan-perbuatan yang meskipun tidak ditentukan dalam undang-undang sebagai peristiwa pidana. Tetapi dirasakan sebagai perbuatan yang bertentangan dengan tata hukum, nilai moral, nilai agama dan rasa keadilan masyarakat. Contohnya mencuri, membunuh, memperkosa dan sebagainya.

Percobaan kejahatan dikenakan hukuman sedangkan percobaan atas pelanggaran tidak. Pelanggaran hanya dapat ditindak oleh pihak yang berwenang, sedangkan kejahatan dapat ditindak oleh siapapun dengan catatan tidak melampaui koridor hukum yang telah ditentukan negara.