Pengertian Hukum Hal Penting Yang Belum Tentu Mewakili Keadilan

Hukum adalah hal yang sering kita dengar, banyak orang awam mengidentifikasikan hukum dengan kebenaran dan keadilan. Padahal hukum itu sendiri belum mempunyai definisi yang disepakati bersama. Beberapa orang mencoba untuk mendefinisikannya namun kesepakatan bersama para ahli belumlah terjadi.

Beberapa definisi hukum yang ada saat ini antara lain :

Profesor Soedkno Mertokusumo menyatakan hukum sebagai Keseluruhan kumpulan peraturan-peraturan atau kaidah-kaidah dalam suatu kehidupan bersama, keseluruhan peraturan tingkah laku yang berlaku dalam suatu kehidupan bersama, yang dapat dipaksakan pelaksanaannya dengan sanksi.

Lalu Soeroso SH yang menyebut Hukum adalah himpunan peraturan yang dibuat oleh yang berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai ciri memerintah dan melarang serta mempunyai sifat memaksa dengan menjatuhkan sanksi hukuman bagi yang melanggarnya.

Lalu Profesor Mahfud MD Menkopolhukam RI yang sekarang masih menjabat, ia medefinisikan hukum sebagai resultante. Resultante sendiri adalah hal yang dibuat disepakati berdasarkan situasi-situasi tertentu pada zamannya, atau singkatnya “Kesepakatan Bersama” dari pemangku kepentingan.

Maka jika ada orang yang menganggap hukum adalah pasti keadilan bahkan kebenaran maka adalah yang salah. Karena hukum belum pasti mencerminkan kebenaran apalagi keadilan. Sebagai contoh gampangnya apa hukum di Korea Utara dimana penguasa dianggap sebagai Tuhan yang selalu benar dapat diterima di Negara Demokrasi ? Nah maka dari itu banyak pakar hukum yang sampai sekarang belum dapat satu pendapat menyatakan menentukan definisi hukum.