Cara Mengatasi HP yang Diblokir IMEI

Baru- baru ini mulai tanggal 18 September 2020 pemerintah secara resmi telah melakukan pemblokiran IMEI pada handphone “HP” non Resmi atau disebut BM. Efeknya HP BM tidak lagi mendapat layanan jaringan dari operator. Pemblokiran ini berlaku kedepan dan berlaku bagi HP BM yang belum diaktifkan maksimal 18 April 2020.

Dengan begitu HP BM yang diaktifkan sebelum tanggal 18 April 2020 secara teknis masih bisa digunakan seperti biasa. Alasan pemblokiran adalah untuk mengurangi HP ilegal. Walau alasan utama ialah untuk membantu kas negara yang sudah rahasia umum kian menipis untuk membayar utang.

Baca juga : Tidak Semua Akun Palsu Bisa Dilacak, Begini Penjelasannya

Nah bagi teman teman yang HP nya terblokir kami mempunyai beberapa cara yang tentunya kesemuanya legal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuka blokir IMEI:

  • Mendaftar melalui operator, hal ini karena sistem belumlah sepenuhnya baik, sehingga beberapa HP BM yang bahkan belum diaktifkan setelah 18 april 2020 masih mendapat sinyal. Maka beberapa operator seperti Telkomsel masih membuka registrasi agar kedepan tidak diblokir melalui *337*1#.
  • Mendaftarkan via BEA Cukai, cara ini dapat dilakukan jika anda memang memerlukan cara mudah untuk membuka blokir tetapi ponsel sudah tidak mendapatkan jaringan. Tentunya hal ini berbayar karena anda harus membayar pajak ponsel anda.
  • Merubah IMEI, ini adalah cara ekstrim untuk membuka blokir. Bagi ponsel android merubah IMEI bukanlah sesuatu yang sulit namun memerlukan keahlian. Anda memerlukan akses Root kemudian mengganti IMEI dengan IMEI ponsel lain yang terdaftar. Tapi tentunya anda harus memiliki ponsel yang terdaftar IMEI nya bisa saja dual SIM kemudian salah satu IMEI digunakan pada ponsel BM.

Nah itulah beberapa cara mengatasi HP yang diblokir IMEI oleh pemerintah. Semoga tulisan ini berguna bagi pembaca.