Arti Dari Pre Judicieele Geschil

Banyaknya Pembahasan tentang perkara pidana yang di dalamnya terdapat suatu sengketa perdata. Maka itu kami ingin sedikit membahas tentang Prejudiciel geschill atau sengketa Pra Yudisial, dimana ini sangat diperlukan untuk pemahaman hukum kita.

Arti dari Prejudiciel geschill atau sengketa Pra Yudisial itu sendiri adalah sengketa yang diputuskan lebih dahulu dan membawa suatu keputusan untuk perkara di belakang. Di Indonesia, ketentuan prejudiciel geschildiatur dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 1980.

SEMA itu membagi prejudiciel geschil menjadi dua yaitu :

  • Pertama, prejudiciel a l’ action, yakni mengenai perbuatan pidana tertentu yang disebut dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu Pasal 284 KUHP. Dimana disebutkan ketentuan perdata diputus lebih dulu sebelum mempertimbangkan penuntutan pidana.
  • Kedua, question prejudiciel au jugement, yakni menyangkut permasalahan yang diatur dalam Pasal 81 KUHP. Pasal tersebut sekedar memberi kewenangan bukan kewajiban kepada hakim pidana untuk menangguhkan pemeriksaan menunggu adanya putusan perdata.

Nah itukah sekilas tentang Prejudiciel geschill atau sengketa Pra Yudisial, semoga dapat membantu pembaca memahaminya.