Arti Kata Extrajudicial Killing

Extrajudicial killing atau Pembunuhan di luar hukum adalah pembunuhan yang dilancarkan oleh pemerintah, tanpa melalui proses hukum terlebih dahulu atau tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Tindakan semacam ini dianggap melanggar hak asasi manusia karena telah mengabaikan hak seseorang untuk memperoleh proses hukum secara adil.

Hak korban untuk hidup juga dilanggar, terutama di negara-negara yang sudah menghapuskan hukuman mati. Untuk negara yang belum, penghukuman mati hanya boleh dilakukan setelah melalui proses hukum yang adil dan hanya untuk kejahatan-kejahatan yang paling serius. Seperti yang telah diatur oleh Pasal 6 ICCPR. Sehingga pembunuhan di luar hukum sama sekali tidak diperbolehkan.

Pembunuhan di luar hukum sering kali menimpa tokoh-tokoh politik, serikat buruh, keagamaan atau sosial yang dianggap sebagai musuh negara. Pemerintah dianggap telah melakukan pembunuhan di luar hukum apabila tindakan tersebut dilancarkan oleh aparatus negara, seperti tentara atau polisi.

Extrajudicial killing juga dinilai sangat berbahaya bagi tatanan kehidupan di masyarakat. Karena ada idiom “Ketika nyawa Satu orang dianggap tidak berharga maka nyawa jutaan orang juga akan dianggap sama”. Karenanya pada negara dengan proses hukum yang baik tindakan semacam ini mendapat perhatian yang amat sangat khusus.