Penjelasan dan Pengertian Filsafat Hukum

Pengertian dari Filsafat hukum adalah cabang dari filsafat yaitu filsafat etika atau tingkah laku yang mempelajari hakikat hukum. Filsafat hukum memiliki objek yaitu hukum yang dibahas dan dikaji secara mendalam sampai pada inti atau hakikatnya.

Pertanyaan yang mungkin tidak dapat dijawab oleh cabang ilmu hukum lainnya merupakan tugas dari filsafat hukum untuk menemukannya. Bila ingin menarik pengertian filsafat hukum, maka harus terlebih dahulu mempelajari akan hukum itu sendiri.

Baca juga : Pengertian Hukum Hal Penting Yang Belum Tentu Mewakili Keadilan

Seperti pertanyaan apakah hukum itu juga merupakan tugas dari filsafat hukum. Karena sampai saat ini belum ditemukan definisi dari hukum itu secara universal, karena pendapat para ahli hukum berbeda-beda sesuai dengan sudut pandang mereka sendiri.

Berbeda dengan Ilmu hukum positif yang hanya berurusan dengan suatu tata hukum tertentu. Seperti mempertanyakan konsistensi logis asas-asas, peraturan-peraturan, bidang-bidang,  serta sistem hukumnya sendiri.

Filsafat hukum mengambil hukum sebagai fenomena universal sebagai sasaran perhatiannya. Filsafat hukum kemudian mengupas tuntas dengan menggunakan standar analisa baku tertentu.