Cara Membuat dan Mengedit File PDF Dengan Mudah

Format PDF memang jadi favorit untuk sharing dokumen karena tampilannya yang rapih dan bisa dibuka dimanapun. Sayangnya keluhan terbesar yang ditemukan adalah masih banyak orang yang bingung membuat dan mengedit file PDF. Untuk itu kami akan sedikit memberikan cara membuat dan mengedit PDF dengan mudah.

Dalam membuat PDF anda dapat menggunakan Microsoft Word. Caranya tinggal dibuka aplikasinya Microsoft Word, lalu buat tulisan seperti biasanya lalu save pada pilihan dengan format PDF.

Sedang untuk mengedit PDF di Microsoft Word Agar bisa mengedit file PDF di Microsoft Word, kamu perlu mengubah formatnya menjadi Word terlebih dahulu. Saran kami, gunakanlah Microsoft Word 2019, 2016, atau setidaknya 2013 (jangan lebih tua) supaya hasil editannya tetap rapih. Untuk mengedit file PDF, kamu perlu mengubah filenya menjadi format *.doc atau *.docx.

Baca juga : Perbedaan Chipset dengan CPU dan GPU

Ini bisa dilakukan dengan situs konversi PDF online semacam ilovepdf.com, smallpdf.com, freepdfconvert.com, pdf2doc.com, atau pdfonline.com. Situs-situs ini bisa juga mengubah JPG ke PDF, kompres ukuran PDF, menggabungkan beberapa PDF jadi satu, hingga memisahkan file PDF.

Berikut tahapan untuk edit dan ubah file PDF ke Word: Buka salah satu website konversi PDF, misalnya ilovepdf. Upload file PDF kamu. Klik tombol PDF to Word. Setelahnya download file yang sudah dikonversi. Buka dengan Microsoft Word, dan edit sesuka hati.

Meskipun bisa diedit, tapi fitur yang disajikan di Microsoft Word tidak begitu lengkap dan memang dikhususkan hanya untuk pengeditan yang sederhana. Maka dari itu jika kamu membutuhkan untuk merombak banyak hal di dokumen PDF, kamu bisa menggunakan Adobe Acrobat.