Pengertian Serta Perubahan Mukadimah dalam AD dan ART Partai

Mukadimah kalimat ini akhir-akhir ini sering disebut-sebut, seiring memanasnya konflik partai Demokrat. Maka dari itu kami ingin sedikit membahasnya mulai dari pengertian serta aturan perubahannya dalam AD/ART partai.

Mukadimah atau dalam bahasa inggrisnya disebut preambul adalah pernyataan pengantar dan ekspresi dalam sebuah dokumen, yang menjelaskan tujuan dokumen dan filosofi yang mendasarinya. Didalam AD/ART partai, hal ini juga tercantum yakni pada bagian pembukaan.

Nah kembali ke persoalan, bolehkah mukadimah atau preambul ini dirubah dalam AD/ART partai ? Untuk Partai politik sendiri telah diatur secara khusus “lex specialis” dalam UU No 8 Tahun 2002. Dimana UU tersebut mengatur mulai dari Kewajiban, Hak, serta larangan penyelenggaraan partai politik.

Serta perubahan AD/ART partai politik sendiri diperbolehkan berdasarkan undang-undang partai politik. Yakni pada pasal 8 UU No 31 Tahun 2002 Tentang partai Politik. Dimana dalam pasal disebutkan partai berhak mengatur dan mengurus rumah tangga secara mandiri.

Terlebih lagi perubahan pada mukadimah atau preambul ini juga tidak terdapat pada bab Larangan di pasal 19 UU No 31 Tahun 2002 tentang partai politik. Sehingga menurut kami perubahan Mukadimah atau preambul ini sah untuk dilakukan.

Karena sekali lagi AD/ART diperbolehkan dirubah, dan tidak tertulis pelarangan perubahan mukadimah sebagaimana isi UU No 31 Tahun 2002 Tentang partai Politik. Maka dari itu perubahan mukadimah sah dan bisa dilakukan sesuai kehendak partai politik yang bersangkutan.