Arti Dari Force Majeure Si Pembatal

Force majeure yang berarti kekuatan yang lebih besar atau juga disebut Keadaan kahar adalah suatu kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan sehingga suatu kegiatan tidak dapat dilaksanakan atau tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Hal ini dapat menghindarkan pembatal perjanjian tanpa dapat terkena pinalti.

Yang termasuk kategori keadaan kahar adalah peperangan, kerusuhan, revolusi, bencana alam, pemogokan, kebakaran, dan bencana lainnya yang harus dinyatakan oleh pejabat/instansi yang berwenang. Bisa menjadi seperti ini biasanya karena faktor tersebut tidak bisa di atur manusia, tetapi diatur oleh Pecipta alam.

Untuk dasar hukumnya sediri diatur di Pasal 1245 KUHPerdata berbunyi “Tidak ada pergantian biaya, kerugian dan bunga, bila dalam keadaan memaksa atau karena hal yang terjadi scara kebetulan, debitur terhalang untuk memberikan atau berbuat sesuatu yang diwajibkan, atau melaksanakan suatu perbuatan yang terlarang baginya”. Nah itulah ringkasan penjelasan tentang Force Majeure si pembatal tanpa bisa dikenai denda.


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *