Batas Bebas Bea Masuk Barang Impor Dipangkas Jadi US$75 Mulai 10 Oktober

Guna mengatasi arus impor yang terus naik , pada 10 September 2018 Kementerian Keuangan resmi mengundangkan PMK No. 112/PMK.04/2018 tentang Perubahan PMK No.182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang. PMK 112/2018 tersebut mengurangi batas bebas bea masuk untuk barang impor yang tadinya US$100 diturunkan menjadi US$75 per satu orang per harinya. Ditjen Bea Cukai menyatakan bahwa aturan batasan US$75 itu akan berlaku pada 10 Oktober 2018.

Kepala Seksi Humas Ditjen Bea Cukai meluruskan isu yang beredar dengan menngatakan tidak ada pembatasan tiga kali pengiriman per harinya dalam PMK a quo melainkan pembatasannya hanya berupa pengurangan harga barang menjadi US$75.

Artinya harga total barang yang dikirim itu lewat dari batasan US$75 per-orang, maka dia harus bayar pajak dan bea masuknya berapa kalipun pengiriman dilakukan dalam 1 hari tersebut.

Pasal 13:

1. Barang kiriman yang diimpor untuk dipakai sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 ayat (1) huruf a, dapat diberikan pembebasan bea masuk dengan nilai pabean paling banyak FOB USD75.00 (tujuh puluh lima USD).

(1a)  Pembebasan bea masuk sebagaimana dimaksud pada ayat (1), diberikan untuk:

  1. Setiap Penerima Barang per 1 (satu) hari; atau
  2. Lebih dari 1 (satu) kali pengiriman dalam waktu 1 (satu) hari, sepanjang nilai pabean atas keseluruhan Barang Kiriman tidak melebihi FOB USD75.00 (tujuh puluh lima USD)

2. Dalam hal nilai pabean Barang Kiriman melebihi batas nilai pabean sebagaimana dimaksud pada ayat (1) atau ayat (1a), bea masuk dan pajak dalam rangka impor dipungut atas seluruh nilai pabean Barang Kiriman tersebut.

Untuk besarannya tergantung apakah penerima barang bisa menunjukkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) atau dalam surat pengiriman sudah dicantumkan nomor NPWP penerima. Dalam hal NPWP penerima bisa ditunjukkan, maka penerima akan mendapatkan fasilitas PPH 10% bila tidak mempunyai maka dikenakan 20%.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *