Dolar Naik Akankah Harga Kebutuhan Akan Ikut Naik

Penguatan nilai tukar dolar terhadap rupiah masih terus terjadi. Hingga saat ini dolar masih di kisaran angka 15 ribu rupiah. Akankah dengan kenaikan dolar harga kebutuhan  khususnya kebutuhan pokok juga ikut naik ? Untuk saat ini sepertinya belum terlalu terasa. Akan tetapi hal ini sudah cukup menimbulkan gejolak serta kenaikan harga dibeberapa sektor seperti properti dan Otomotif, kenaikan yang paling dirasa adalah pada naiknya harga mobil bekas. Berdasarkan pantauan kami harga mobil bekas rata – rata naik hingga 20 %. Namun untungnya untuk kebutuhan pokok masih stabil dan ini jadi catatan positif.

Kenaikan dolar yang seharusnya memiliki dampak positif pada neraca eksport toh ternyata palah tidak terlihat dampaknya. Jika terus menerus maka daya beli masyarakat akan melemah. Disamping itu setelah stock lama kebutuhan pokok habis, potensi kenaikan harga juga sangat mungkin untuk terjadi. Sungguh menjadi sebuah PR besar bagi pemerintah. Karena bukan tidak mungkin bila terus menerus Indonesia juga terancam krisis moneter.

Kenaikan dolar dipicu kembalinya gairah ekonomi Amerika, Neraca ekspor-impor yang jomplang, utang luar negeri yang menggunakan acuan dolar, kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang tidak baik serta hal-hal lainnya. Pemerintah memang unggul dalam penyampaian secara Humas bisa dilihat dari sepinya demonstrasi, namun dalam hal ekonomi bisa dibilang mendapat rapor merah jika dilihat dari penguatan dolar yang berlebihan.

Namun hal ini bukan hanya sebagai PR bagi pemerintah namun juga bahan instrospeksi bagi seluruh Rakyat Indonesia. Agar secara bersama sama bersatu dan menghindarkan Indonesia dari potensi krisis yang sudah di depan mata. Agaknya saya yakin jika pemerintah dan masyarakat bersatu maka Indonesia akan dapat mengatasi hal ini. Untuk bagaimana caranya saya sendiri belum tau ? Yang pasti Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh, maka dalam hal ekonomi pun juga sama.


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *