Dapatkah Kreditur Melaporkan Penggelapan di Perusahaan Terutang

Selamat siang , Saya Billy menjabat di direksi dari sebuah perusahaan singkat saja perusahaan “A” . Perusahaan tempat saya memberikaan pinjaman ke perusahaan sebut saja perusahaan “B” dalam bentuk barang. Ini dikarenakan Perusahaan “B” adalah perusahaan kontraktor yang memerlukan suplay berupa material bangunan dari kami. Namun perusahaan “B” yang mempunyai utang pada kami tiba tiba bangkrut dan telah dinyatakan oleh pengadilan. Namun timbul masalah disini ada seorang mantan Eksekutif serta direksi perusahaan “B” membawa kendaraan dinas dan tidak dikembalikan. Padahal aset perusahaan belum mencukupi hutang .

Pertanyaan saya dapatkah sayamelaporkan mantan direksi perusahaan B tersebut ke Kepolisian. Karena saya ingin melaporkan dengan dugaan penggelapan ? Mohon dijawab terimakasih

Jawaban :

Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi hukum kami . Pengelapan diatur didalam Pasal penggelapan diatur dalam “pasal 372 KUHP berbunyi : Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan diancam karena penggelapan, dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus rupiah”.

Nah dengan pasal tersebut memang tampaknya mantan eksekutif di perusahaan rekanan anda yang telah bangkrut melakukan penggelapan. Namun alangkah lebih baik jika aset tersebut anda cek terlebih dahulu. Mengenai bisa tidaknya anda melaporkan ? Jawaban dari kami bisa karena delik penggelapan bagi yang bukan keluarga adalah delik umum dan bukan delik aduan, karena itu siapa saja yang mengetahui bisa saja melaporkan ke pihak berwajib.

Demikian jawaban dari kami semoga dapat membantu anda . Salam dari kami Faktor Hukum


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *