Honorer Dibutuhkan Tapi Kurang Diperhatikan

Honorer adalah pegawai yang diangkat oleh suatu instansi dalam status yang bisa disebut “magang”. Serta payung hukum untuk hal ini masih belum jelas. Namun Honorer di Indonesia berperan besar dan penting. Sehingga dapat dipastikan bila Honorer serentak mogok maka pelayanan birokrasi akan kacau.

Payung Hukum Honorer ini tidaklah jelas dan hanya disebutkan sekilas dalam UU ASN terbaru. Maka status dan nasib mereka tergolong terombang ambing oleh negara. Padahal mereka setia mengabdi pada negara dalam situasi sulit, serta punya Jasa layaknya pahlawan bagi negara ini. Tentunya menjadi salah satu ironi menyedihkan di negeri ini.

Pemerintah pun serasa enggan menjadikan mereka PNS, tidak seperti atlit juara yang dengan mudah bisa menjadi PNS. Dalam era swastanisasi peran negara dalam masyarakat semakin diperkecil dan PNS dirampingkan. Padahal banyak sekali sekolah maupun instansi yang kekurangan tenaga lantas mengambil tenaga honorer. Bisa disurvei secara langsung setiap instansi maupun sekolah hampir dipastikan memiliki pegawai honorer.

Honorer pada tes CPNS diklasifikasikan sama dengan masyarakat biasa, sehingga untuk menjadi PNS harus lewat tes reguler. Padahal mereka bekerja dengan upah yang sangat minim bahkan ada yang cuma digaji 300 ribu perbulan demi negara, inilah yang harus menjadi perhatian kita semua karena mereka juga pahlawan. Bahkan ada dari pegawai honorer yang telah bekerja puluhan tahun tetapi tak kunjung menjadi PNS. Mereka dibutuhkan tapi kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Pemerintah seakan lupa jika honorer melakukan mogok masal bisa jadi birokrasi negara ini juga ikut mogok. Sudah sepantasnya negara memberi upah layak atau minimum UMR pada mereka. Dengan begitu walau tidak dijadikan PNS setidaknya mereka bisa hidup dengan layak. Agar tidak tercipta lagi Ironi yang menyedihkan honorer dibutuhkan tetapi kurang diperhatikan.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *