Tata Cara Pembuatan SIUP Usaha Kecil atau Mikro

Perizinan dan legalitas dari usaha adalah hal penting dijaman sekarang, namun tidak semua usaha memerlukan izin. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas wajib tidaknya serta tata cara perizinan usaha kecil atau sering disebut usaha mikro. Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro, yaitu:

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  2.  memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta.

Mengenai pendaftaran perusahaan Anda, bagi perusahaan kecil perorangan memerlukan izin usaha dan tidak merupakan suatu badan hukum atau suatu persekutuan, tidak diperlukan pendaftaran perusahaan.

Begitu pula dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (“SIUP”). Kewajiban memiliki SIUP dikecualikan terhadap Perusahaan Perdagangan Mikro dengan kriteria tertentu.

Namun, apabila Perusahaan Kecil Perorangan atau Perusahaan Perdagangan Mikro menghendaki, dapat dilakukan pendaftaran perusahaan guna memperoleh Tanda Daftar Perusahaan serta dapat memiliki SIUP Mikro.

Untuk persyaratan dan tata caranya adalah : 

  1. Copy KTP Pemegang Usaha
  2. Copy NPWP Pemilik Usaha
  3. Surat keterangan domisili
  4. neraca Perusahaan
  5. Materai 6000
  6. Foto Pemilik
  7. Surat Izin lain yang mungkin diminta dari pemda setempat

Setelah syarat – syarat tersebut anda lengkapi, anda bisa mengunungni kantor dinas perdangan di tingkat kabupaten masing – masing atau di Kantor Pelayanan perizinan terpadu.

Proses Pendaftaran SIUP Bisa dibaca di bawah :

1. Mengambil formulir pendaftaran di Kantor dinas perdangan di Kabupaten masing – masing. Untuk pengurusan bisa dilakukan oleh orang lain yang sebelumnya telah anda beri kuasa di sebuah surat perjanjian ber materai.

2. Mengisi Formulir pendaftaran dan melengkapi syarat – syaratnya yang telah ditulis di atas. Setelah itu anda mungkin akan dimintai untuk mengcopy formulir tersebut sebanyak dua rangkap.

3. Pembayaran administrasi Pembuatan SIUP, Pembayaran ini berbeda – beda tergantung wilayah dimana anda membuat SIUP. Setelah semuanya beres dan diterima oleh Dinas Perdagangan setempat. Normalnya SIUP bisa diambil setelah 2 minggu.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *