Arti Kata Subsider Menurut Hukum

Banyak orang yang saat membaca atau melihat berita mendengar kata subsider. Kata subsider digunakan dalam kaitannya dengan vonis hukum kepada seseorang atau pihak tertentu sebagai konsekuensi dari proses hukum. Kata subsider artinya ‘sebagai pengganti’ atau ‘pengganti’.

Maksudnya, pengadilan menjatuhkan hukuman atau vonis terhadap terdakwa berupa suatau hukuman. Akan tetapi, hukuman tersebut dapat diganti dengan hukuman lain.

Dari sejarahnya, tradisi penggantian hukuman atau subsider itu telah lama dikenal dalam kehidupan manusia. Sebagai contoh, dalam agama Islam pun dikenal adanya hukuman pengganti tersebut. Misalnya, hukuman cambuk diganti dengan hukuman denda atau yang lainnya. ningrat.

Dalam perkembangannya, Indonesia yang menganut sistem peradilan Barat yang menjadikan kata subsider benar-benar lekat dengan bahasa hukum dan peradilan. Maka dari itu, kata subsider merupakan kata yang populer dalam bidang hukum dan peradilan.

Sebagai Contoh :

  • Ada Koruptor itu divonis hukuman penjara 5 tahun dan denda 2 miliar rupiah subsider 1 bulan penjara. Maka jika tidak dapat membayar 2 miliar dapat diganti 1 bulan penjara.

Nah itulah pengertian Hukum dari kata Subsider, semoga berguna !!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *