Arti Konstitusi Menurut Ilmu Hukum

Ramai banyak orang membicarakan Konstitusi maka itu kami akan menjelaskan arti konstitusi menurut ilmu hukum. Konstitusi atau Undang-undang Dasar atau disingkat UUD dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis. Hukum ini tidak mengatur hal-hal yang terperinci, melainkan hanya menjabarkan prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi peraturan-peraturan lainnya.

Dari proses terbentuknya Konstitusi menurut K.C. Wheare sang begawan Konstitusi dalam bukunya, Modern Constitutions Konstitusi adalah Resultante atau produk kesepakatan politik. Kesepakatan politik ini dibuat berdasarkan dari keadaan politik, ekonomi, sosial budaya ketika konstitusi itu dibuat. Maka itu dalam perjalanannya Konstitusi sering mengalami amandemen seiring dengan berjalannya waktu menyesuaikan moderenisasi yang berlaku.

Konstitusi pada umumnya bersifat kodifikasi yaitu sebuah dokumen yang berisi aturan-aturan untuk menjalankan suatu organisasi pemerintahan negara. Namun dalam pengertian ini, konstitusi harus diartikan dalam artian tidak semuanya berupa dokumen tertulis (formal).

Walau dewasa ini, istilah konstitusi sering di identikkan dengan suatu kodifikasi atas dokumen yang tertulis. Berbeda dengan Inggris yang juga memiliki konstitusi, namun tidak dalam bentuk kodifikasi “tidak tertulis” melainkan berdasarkan pada yurisprudensi dalam ketatanegaraan negara Inggris.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *