Sambutan Pendemo Pada TNI Lebih Hangat Indikasi Distrust Masyarakat Pada Polri

Perbedaan mencolok nampak dari sambutan pendemo pada Polisi dan TNI. Truk TNI melintasi kerumunan massa aksi 22 Mei yang terkonsentrasi di depan gedung Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat. Melihat truk TNI melintas, massa langsung berteriak menyambut tanpa kebencian.

Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019), truk TNI yang membawa sejumlah prajurit itu melintas dari arah Monas menuju gedung Bawaslu sekitar pukul 07.55 WIB. Massa yang melihat langsung menghampiri truk tersebut.Sebagian peserta aksi melakukan high five (tos) dengan sopir TNI.

Ada juga massa yang menaiki samping truk. Prajurit yang di truk sempat meminta peserta aksi turun. Peserta aksi pun memenuhi permintaan itu tanpa melakukan perlawanan.

“TNI teman, TNI bersama rakyat,” begitulah kira-kira teriak massa aksi demo.

Para prajurit juga melambaikan tangan ke arah massa aksi. Truk kemudian berlalu ‘menerobos’ barikade polisi yang berjaga di perempatan jalan MH Thamrin depan gedung Djakarta Theater tanpa halangan.

Disatu sisi ini kabar baik akan tetapi juga menunjukan indikasi “distrust” ketidakpercayaan pada Polri. Bahkan beberapa hari yang lalu pernyataan UAS pada Kapolri yang sesungguhnya ringan menjadi Viral. Jika diteruskan tentu hal ini berbahaya. Hendaknya Polri dan semua pihak terkait segera melakukan kajian akan hal ini.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *