Arti Somasi Dalam Ilmu Hukum

Arti somasi dalam ilmu hukum mungkin bagi sebagian kalangan yang awam hukum kurang mengetahui, nah disini kami akan coba mengulasnya. Doktrin dan yurisprudensi istilah somasi digunakan untuk menyebut suatu perintah atau peringatan (surat teguran). 

Somasi sendiri dikenalkan dalam hukum perdata Indonesia. Somasi merupakan peringatan atau teguran agar debitur berprestasi pada suatu saat yang ditentukan dalam surat somasi.

Dasar hukum dari Somasi diatur dalam Pasal 1238 KUH Perdata yang menyatakan: “Si berutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinyatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri, ialah jika ini menetapkan, bahwa si berutang harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yg ditentukan.”

Selanjutnya, dalam Pasal 1243 KUHPer diatur bahwa tuntutan atas wanprestasi suatu perjanjian hanya dapat dilakukan apabila si berutang telah diberi peringatan bahwa ia melalaikan kewajibannya, namun kemudian ia tetap melalaikannya. Peringatan ini dilakukan secara tertulis, yang kemudian kita kenal sebagai somas


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *